Aspal Hotmix adalah material konstruksi yang sering menjadi pilihan oleh jasa aspal jalan untuk membangun perkerasan jalan di Indonesia. Dikarenakan aspal ini memiliki sederet keunggulan. Selain itu jenis – jenisnya juga sangat beragam dengan berbagai macam pengaplikasian di lapangan.

Pengertian Aspal Hotmix

download (14)

Secara teknis, aspal hotmix merupakan suatu kombinasi campuran antara bahan-bahan penyusun utamanya, yaitu agregat dan aspal. Dalam pencampurannya, permukaan agregat akan terselimuti aspal hingga menghasilkan gradasi yang cukup seragam.

Agregat yang kering dan tingkat kekentalan aspal yang cukup dapat diperoleh dari memanaskan keduanya pada suhu tertentu sehingga saat dilakukan pengaspalan, jalan aspal yang dibuat tersebut memiliki hasil yang maksimal.

Jenis-jenis Aspal

  1. Asphalt Concrete (AC) atau Lapis Beton Aspal (Laston)

Lapis Beton Aspal (Laston) merupakan suatu lapisan pada konstruksi jalan yang terdiri dari agregat kasar, agregat halus, filler dan aspal keras, yang dicampurkan, dihampar dan dipadatkan dalam keadaan panas di suhu tertentu.

Aspal jenis AC atau Laston secara umum terbagi menjadi tiga jenis, yaitu:

– Pertama AC – Base, Untuk lapis fondasi, dengan butiran maksimal 1,5 inci

– Kedua AC – BC (Asphalt Concrete – Binder Course), Untuk lapis antara, dengan butiran maksimal 1 inci

– Dan yang ketiga AC – WC (Asphalt Concrete – Wearing Course), Untuk lapis permukaan / lapis aus, dengan butiran maksimal 0,75 inci

  1. Hot Rolled Sheet (HRS) atau Lapis Tipis Beton Aspal (Lataston)

Kontraktor aspal jalan yang menyediakan jasa aspal hotmix  di jalan seperti jalan desa pasti merasa tidak asing dengan istilah lataston. Lapis Tipis Beton Aspal (Lataston) merupakan lapis penutup yang terdiri dari campuran agregat bergradasi timpang, filler, dan aspal keras dengan perbandingan tertentu yang dicampur dan dipadatkan dalam keadaan panas pada suatu suhu tertentu.

Lataston atau HRS terdiri dari dua jenis campuran, yaitu HRS Fondasi (HRS – Base) dan HRS Lapis Aus (HRS Wearing Course, HRS – WC). HRS Base, atau HRS Fondasi adalah lapisan pondasi permukaan, Lapisan ini berada di bawah HRS – WC. Walaupun HRS – Base berada di bawah lapisan HRS – WC dan tidak memiliki kontak langsung dengan kendaraan yang melintas, HRS – Base tetap menanggung beban yang lebih besar daripada HRS – WC.

download (15)

  1. Hot Rolled Sand Sheet (HRSS) atau Lapis Tipis Aspal Pasir (Latasir)

Pemilik jasa aspal jalan pasti tidak asing dengan lapis tipis aspal beton atau biasa disebut latasir. Latasir adalah lapisan penutup permukaan perkerasan yang terdiri dari agregat halus atau pasir ataupun campuran keduanya, dan aspal keras yang dicampur, dihampar, dan dipadatkan dalam keadaan panas pada suhu temperature tertentu.

Lapis Tipis Aspal Beton (Latasir) terdiri dari dua kelas yaitu, Latasir dengan kelas A atau SS-1 (Sand Sheet-1) dengan ukuran butir agregat atau pasir 9,5 mm, dan Latasir kelas B atau SS-2 (Sand Sheet-2) dengan ukuran butir agregat atau pasir sekitar 2,36 mm.

Kelebihan dan Keunggulan Penggunaan Aspal Hotmix

Aspal Hotmix tentu memiliki sejumlah keunggulan sehingga karateristiknya pun banyak menjadi pilihan sebagai material pembangun perkerasan jalan, sehingga banyak jasa aspal yang menggunakannya. Berikut ini ialah beberapa keunggulan dan kelebihan nya:

Stabilitas

Stabilitas Terkait dengan daya tahan perkerasan jalan terhadap geseran ataupun perubahan bentuk tetap. Dalam menerima beban lalu lintas secara terus-menerus setiap harinya, perkerasan tentu menjadi amat rentan. Aspal panas akan menyediakan ketahanan yang diperlukan.

Hal itu timbul dari interlocking yang kuat antara agregat dan aspal. Hal ini juga menjadi pertimbangan penting bagi jasa aspal jalan karena jika salah memilih bahan maka perkerasan jalan menjadi mudah rusak

images (23)

Durabilitas

Durabilitas adalah keawetan atau kemampuan aspal agar bisa memperlambat laju penuaan. Setiap perkerasan jalan yang dibangun tentu diharapkan bisa bertahan dari pengaruh suhu udara, air, cuaca, dan terutama gesekan terhadap roda kendaraan.

Dengan aspal ini, rongga udara dalam campuran akan berada pada kadar yang optimal. Alhasil, perkerassan jalan yang dibuat akan menjadi lebih kuat dalam menghadapi beban lalu lintas. Pada akhir nya, perkerasan jalan akan mampu bertahan dalam waktu yang Panjang dan memiliki umur pelayanan yang maksimal.

Lebih Murah

Jika memakai aspal ini maka biaya yang dikeluarkan lebih murah, karena itu banyak jasa aspal murah yang memakai aspal hotmix untuk perkerasan jalan, selain kuat aspal ini juga memiliki biaya yang cukup terjangkau.

Ketahanan Geser

Tahan Geser adalah merupakan kemampuan anti selip pada perkerasan jalan. Dengan nilai kekesatan memenuhi standar, Aspal beton akan menyediakan perkerasan jalan yang aman dilewati oleh kendaraan sekaligus mencegah terjadi bahaya.

Kedap air

Kedap air adalah kapasitas suatu material yang tidak dapat ditembus air atau cairan dengan mudah. Campuran beraspal panas memberi lapis permukaan jalan yang tidak peka pada air.

Hal ini juga menjadi hal yang harus diperhatikan jasa aspal dalam memilih bahan untuk perkerasaj jalan agar jalan tidak mudah rusak atau hancur. Biasanya penyebab kerusakan jalan aspal adalah meresap air ke dalam lapisan perkerasan.

download (16)

Harga-harga Aspal

Sama hal nya dengan barang-barang lain, aspal juga memiliki variasi dan harga aspal hotmix. Berikut adalah beberapa contoh aspal dan harga-harganya:

– Aspal Asphalt Concrete Wearing Course (AC-WC), harga aspal ini adalah Rp. 965.000

– Aspal Asphalt Concrete Binder Course (AC-BC), harga aspal ini adalah Rp. 1.015.000

– Aspal Asphalt Laston, harga Aspal ini adalah Rp. 1.035.000

– Aspal Asphalt HRS, harga aspal ini adalah Rp. 1.095.000

– Aspal Asphalt Sand Sheet, harga aspal ini adalah Rp. 1.230.000

– Coat per Drum, dengan harga Rp. 1.140.000

PT Rorica Jaya Abadi merupakan penyedia jasa aspal jalan, aspal hotmix, jasa cor beton dan paving block berkualitas, Untuk informasi lebih lanjut, hubungi jasaaspal-hotmix.com penyedia jasa aspal jalan yang murah dan terpercaya.